Follow on G+

Senin, 18 April 2011

Bulan Bahasa Mendatangkan Tri Utami, Sang Puisi "Abhayagiri Kraton Ratu Boko"

Kedatangan Trie Utami sang vokalis grup jazz Krakatau unjuk dalam seminar satra hari Jumat lalu (22/10) di kampus Tegalboto sedikit berbeda. Penyanyi asli Bandung ini lebih banyak berdialog bersama mahasiswa Universitas Jember menjelaskan kisah dibalik pencipataan buku kumpulan puisinya berjudul “Abhayagiri Kraton Ratu Boko”.

Menurut Trie Utami, proses penciptaan puisi-puisinya mengalir begitu saja sesuai dengan apa yang dia lihat, dia rasa dan dia dengar. Mengalir dan berproses begitu saja sesuai jalannya yang banyak berkecimpung di bidang budaya. Trie Utami juga menegaskan jika buku kumpulan puisinya menjadi salah satu perwujudan cintanya kepada Indonesia. Sebelum memulai diskusi buku kumpulan puisinya, Trie Utami menyempatkan diri menyanyikan salah satu hits-nya bersama Krakatu yang berjudul “Sekitar Kita”.

Menariknya, buku kumpulan puisi berjudul “Abhayagiri Kraton Ratu Boko”. Dilengkapi dengan foto-foto Candi Ratu Boko yang menghadirkan Trie Utami sebagai modelnya. Tak tanggung-tanggung, dua fotografer terlibat memvisualkan keindahan candi perpaduan Hindu dan Budha abad VIII, sekaligus kecantikan Trie Utami, yakni Harisinthu dan Felix E. Yudi. Pemilihan Candi Ratu Boko juga bukan tanpa sebab, menurut Trie Utami setiap kali dirinya mengunjungi Candi ratu oko, dirinya merasa betah dan seperti di rumah sendiri.
Sebelum acara bedah buku kumpulan puisi karangan Trie Utami, ada tiga buku karangan para dosen Fakultas sastra yang juga dibahas. Antara lain kumpulan naskah drama karya dosen jurusan Sastra Inggris Drs. Ilham Zoebazary, MSi yang berjudul “Orang-Orang Bawah Tanah”. Buku berjudul “Variasi, Keunikan dan Penggunaan Bahasa Madura” karangan Dr. A. Sofyan, M.Hum dari jurusan Sastra Indonesia serta buku karangan Drs. Parwata, MHum dari jurusan Sejarah dengan judul “Monopoli Garam di Madura”.

Acara kali ini adalah salah satu acara dalam kegiatan Bulan Bahasa yang diselenggarakan oleh Fakultas Sastra Universitas Jember. Acara lain yang diagendakan adalah lomba Baca Berita Televisi dan Lomba Egrang yang babak penyisihannya dilakukan pada hari Minggu (24/10), sedangkan babak final diadakan hari Minggu tanggal 31 Oktober. Rangkaian kegiatan Bulan Bahasa Fakultas Sastra akan diakhiri dengan seminar nasional dan dialog budaya yang mengambil tema “Pemanfaatan Potensi Bahasa dan Budaya Dalam Menghadapi Era Global Menuju Masyarakat Yang Semakin Bermartabat”. Acara ini akan digelar Sabtu, 6 November 2010 di Gedung Soetardjo Kampus Tegalboto jam 08.00 WIB.

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

Popular Posts