Follow on G+

Senin, 10 Oktober 2016


Pengurus KP-RI Universitas Jember bersama ketua dan sekretaris perwakilan unit kerjanya yaitu terdiri dari 16 fakultas dan dua perguruan tinggi di Jember yaitu Politeknik Jember dan Universitas Terbuka (7-9) Oktober melakukan studi banding ke KPN Darma Wiguna Denpasa-Bali. Temu bisnis manager dan pengelola koperasi ini sangat penting dilakukan untuk mencari terobosan-terobosan baru dan untuk bertukar ilmu dalam proses koperasi bisa mensejahterakan anggotanya. Persamaan dua koperasi ini adalah sama-sama sebagai koperasi pegawai negeri yang memiliki karakteristik yang sama, yaitu:

  1. Koperasi yang anggotanya adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS), KP-RI Universitas Jember beranggotakan pegawai negeri di lingkungan Universitas Jember, Politeknik Negeri Jember dan Universitas Terbuka. Sementara KPN Darma Wiguna Denpasar beranggotakan Pegawai Negeri dilingkungan Pemkot Denpasar.
  2. Bidang usaha kedua koperasi adalah usaha simpan pinjam, pertokoan dan jasa.
  3. Kepengurusannya selama tiga tahun dan dapat dipilih kembali melalui rapa anggota.

Dari sharing informasi yang dilakukan kedua koperasi ini banyak dijumpai kesamaan prinsip usaha namun demikian KPN Darma Wiguna yang baru berdiri tahun 1999 dirasa perlu belajar dari KP-RI UNEJ baik dari segi usaha terlebih dalam hal permodalannya, terang pengelola KPN Darma Wiguna, Ida Bagus Suputra, S.E. Sementara I Nyoman Punaja, SH. selaku Sekertaris yang mewakili ketua menyampaikan KPN Darma Wiguna akan banyak belajar ke KP-RI Universitas Jember yang sudah sangat maju dibandingkan koperasinya. Kami justru yang akan banyak belajar dan banyak sharing dengan KP-RI Universitas Jember, melihat KP-RI Universitas Jember sudah sangat maju.

Dr. Muh Miqadad, SE, MM, CA.Ak, ketua KP-RI Universitas Jember bersama beberapa pengurus KP-RI menyampaikan bahwa studi banding yang dilakukan KP-RI Universitas Jember bisa memberikan kematangan pengurus dalam mengelola koperasi terutama dalam menggali inforamasi dari koperasi terkait yang tujuannya adalah untuk berusaha mensejahterakan anggotanya. Seperti yang dilakukan di KPN Darma Wiguna ada beberapa point yang dapat diambil sebagai bahan program kerja berikutnya selain pengalaman-pengalaman kepengurusan di KPN Darma Wiguna dalam mengelola koperasi, yaitu:

  1. Penerapan kartu tanda anggota (KTA) yang berfungsi juga sebagai kartu elektronik sebagai alat pembayaran atau ATM. 
  2. KPN Darma Wiguna mewajibkan anggotanya untuk berbelanja di KPN setiap bulan minimal Rp.50.000,- atau Rp.600,000,- dengan asumsi paling lambat 31 Desember dalam setiap tahunnya sudah harus dibelanjakan,
  3. KPN Darma Wiguna dapat melayani anggota dalam belanja melalui beberapa tempat usaha (unit usaha) sementara KP-RI Universitas Jember baru memiliki satu toko. 
  4. Harga kompetitif KPN Darma Wiguna bahkan lebih murah dibandingkan yang lain, hal ini dilakukan dengan aktifnya pengelola toko baik dengan distributor maupun cek harga secara langsung.

Keunggulan dari KP-RI Universitas Jember menurut pandangan KPN Darma Wiguna adalah:

  1. Permodalan KP-RI Universitas Jember lebih besar dibandingkan KPN Darma Wiguna
  2. Simpanan wajib anggota KP-RI Universitas Jember mampu lebih besar dibandingkan KPN Darma Wiguna
  3. Pemberian dana sosial dan dana kematian yang walaupun ada, KPN belum maksimal seperti yang diberikan KP-RI Universitas Jember.
  4. Kesadaran anggota KP-RI Universitas Jember mempercayakan uangnya untuk dikelola KP-RI dalam usahanya, terbukti banyak anggota menitipkan uangnya di KP-RI daripada di BANK.
  5. Kerjasama antara KP-RI Universitas Jember dengan pihak BANK sudah terjalin dengan baik.
Kedua koperasi ini sepakat untuk meneruskan kerjasamanya dalam bertukar informasi serta pendidikan perkoperasian untuk mewujudkan kesejahteraan anggota. (/bob)

Dokumentasi studi banding KP-RI Universitas Jember dengan KPN Darma Wiguna Denpasar-Bali

Ketua KP-RI UNEJ, Dr. Muh Miqdad bersama Sekretaris KPN Darma Wiguna Denpasar, I Nyoman Pujana, SH

Penyerahan Cindera Mata dari KP-RI UNEJ kepada KPN Darma Wiguna

Penyerahan Cindera Mata dari KP-RI UNEJ kepada KPN Darma Wiguna

Penyerahan Cindera Mata dari KPN Darma Wiguna kepada KP-RI UNEJ

Penyerahan Cindera Mata dari KPN Darma Wiguna kepada KP-RI UNEJ

Penyerahan oleh-oleh khas Jember dari KP-RI UNEJ kepada KPN Darma Wiguna

Hangat, diskusi pengurus dan pengawas kedua koperasi

Photo bersama pengurus KP-RI UNEJ bersama pengurus KPN Darma Wiguna Denpasar

Photo bersama pengurus KP-RI UNEJ bersama pengurus KPN Darma Wiguna Denpasar



0 komentar:

Posting Komentar

Labels

Popular Posts