Follow on G+

Kamis, 09 Oktober 2014

Peserta Konferensi Internasional Budaya Daerah diajak Makan Malam Bupati Jember

Apresisasi yang mendalam ditunjukkan oleh Bupati Jember Ir. H. MZA Djalal, M.Si bersama muspida Kabupaten Jember atas terselenggaranya Konferensi Internasional Budaya Daerah oleh Fakultas Sastra Universitas Jember. Bupati Djalal mengundang seluruh pemateri dan peserta untuk makan malam (Gala Dinner) di Pendopo Kabupaten Jember, sayangnya Bupati Djalal tidak bisa hadir terang Asisten Pemerintahan, Sigit Akbari, Rabu, 8 Oktober 2014. Kami mengucapkan selamat atas terselenggaranya Konferensi Internasional Budaya Daerah di Jember, sekaligus berharap dapat lebih mengenalkan budaya Daerah Jember yang majemuk ini di kancah Internasional, walaupun secara nyata Jember telah dikenal termasuk event festival carnaval terbesar ke-4 dunia melalui Jember Fassion Carnival (JFC). Sigit juga berharap ulang tahun Jember dapat ditelusuri secara sejarah 69 tahun silam dengan berpijak pada penelusuran sejarah bangsa sendiri, selama ini pemerintah kabupaten telah menelusuri sejarah berdirinya Jember dengan berbagai kerjasama baik dengan UNEJ maupun UGM. Tanggal keberadaan Jember sendiri yang selama ini dijadikan hari ulang tahun masih berpijak pada catatan Nederland Story, 1 Januari, 69 tahun silam. Pemkab Jember masih berharap dapat ditemukan pemukiman dengan menyebutkan kata Jember dalam peradaban sebelum itu. 

Konferensi Internasional Budaya Daerah di Jember ini merupakan komitmen Universitas Jember bersama seluruh pemerhati budaya tidak terkecuali Pemerintah Kabupaten Jember untuk bersama-sama membawa Jember lebih baik lagi, terang Prof. Moh. Hasan, Ph.D, Rektor Universitas Jember. Jember sekarang lebih terbantu dengan komitmen Pemkab Jember dengan beroperasinya sarana transportasi Bandara Notohadinogoro. Kalau sebelumnya jarak dari Surabaya ke Jember lebih jauh dibandingkan dari Kalimantan ke Surabaya, sekarang dengan transportasi udara dari Surabaya ke Jember dapat ditempuh hanya setengah jam saja. Ini merupakan prestasi dari Jember dan Universitas Jember memberikan apresiasi yang tinggi atas inisiatif murni dari Pemkab Jember. 

Sementara laporan dari ketua pelaksana Konferensi Internasional Budaya Daerah, Dekan Fakultas Sastra Universitas Jember, Dr. Hairus Salikin, M.Ed melaporkan bahwa Konferensi Internasional Budaya Daerah di Jember ini merupakan lanjutan dari Vestifal Tegal Boto dalam ulang tahunnya yang ke-50, juga bertepatan dengan ulang tahun Rektor, Moh. Hasan. Hairus melaporkan bahwa peserta yang hadir dalam Konferensi, 2 berasal dari luar negeri yaitu Korea dan Swedia. 158 dari seluruh Indonesia, dan jumlah keseluruhan yang mengikuti adalah 320 peserta. Acara Konferensi Internasional ini sepenuhnya didanai oleh Universitas Jember dan berlangsung sampai Kamis, 9 Oktober 2014.


0 komentar:

Posting Komentar

Labels

Popular Posts